Adapun tugas pengawasan terhadap pinjol ilegal diserahkan pemerintah dengan membentuk Satgas Waspada Investigasi (SWI) yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Penyedia layanan pinjaman online bisa dikatakan aman dan terpercaya jika telah terdaftar dalam OJK atau AFPI.

pinjaman online

Pengguna Facebook ini memaparkan mengenai beberapa hutangnya di aplikasi pinjaman online. Pinjaman pada Penyelenggara fintech loaning ilegal cenderung sangat mudah, tanpa jaminan, langsung cair dalam 24 jam dan tanpa kartu kredit, tanpa menanyakan keperluan pinjaman. Sedangkan Penyelenggara fintech lending yang terdaftar/berizin OJK perlu mengetahui tujuan pinjaman serta membutuhkan dokumen-dokumen untuk melakukan credit report.

Sementara itu, pengajuan pinjaman online pribadi ke pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK memiliki sejumlah resiko buat peminjam, meskipun menawarkan sejumlah fitur yang menarik seperti tanpa jaminan dan bisa angsuran bulanan. Ini menarik karena perbankan tidak memberikan pinjaman ke usaha yang tidak memiliki wujud fisik, sementara fintech melakukan terobosan dengan berani kredit ke toko online. Biaya saat mengajukan pinjaman, yang mencakup biaya timbul di muka (in advance fee)/ biaya admin, bunga, biaya asuransi atau pertanggungan lain, serta provisi. Biaya ini harus dicek saat pengajuan, biasanya dijelaskan dalam Frequently Asked Question pinjam meminjam. Hampir semuafintechmewajibkan pengajuan by means of aplikasi sehingga kamu tidak bisa mengajukan lewat situs fintech.

  • Jaminan keamanan data dari financial institution, fintech dan lembaga keuangan yang bekerjasama dengan Financer.com.
  • Bahwa cakupan hukum pidana tidak dapat menjangkau keseluruhan tindak pidana dalam penyelengaraan pinjol.
  • Ya, meskipun perusahaan yang memberi dana kemungkinan besar akan rugi karena tidak ada jaminan yang dapat diuangkan untuk menutupi kerugian akan kredit macet.
  • Alasannya, tentu agar tidak ada informasi yang terlewat, yang bisa membuat proses pengajuan kredit maupun pembayaran cicilannya mengalami kendala.

Mengingat kredit online dariaplikasi Kredit Pintartermasuk 127 perusahaan terdaftar. OJK word play here dapat memberlakukan pengawasan sebagaimana ketentuan POJK Nomor 77/ Pojk.01/ 2016. Terlebih lagi, larangan bagi perusahaan pinjol terdaftar hanya bersifat sanksi administratif. Baik berupa peringatan tertulis, denda, pembatasan kegiatan usaha dan pencabutan izin.

Cara untuk mengetahui legalitas dan keamanan service provider yaitu dengan mengunjungi situs OJK. Pinjol menjadi akses layanan keuangan yang bisa digunakan semua orang, termasuk yang tidak memiliki akun di bank. Selain itu untuk mendapatkan pinjol memang tidak memerlukan agunan. Nah, ternyata menurut OJK, inilah yang membuat pengguna pinjol bisa terjebak bunga yang tinggi. Dari 13 aplikasi pinjaman online tersebut, pengguna Facebook ini harus membayar dengan jumlah yang cukup fantastis.

General

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *