Wood pellet ( energy) merupakan bahan bakar terbarukan yang lebih ramah lingkungan (bioenergy). Bahan bakar bersumber hayati ini memiliki bentuk menyerupai briket kayu, namun dengan ukuran dan bahan perekat yang berbeda. Ada banyak sekali kelebihan produk pellet kayu, fakta inilah yang membuat banyak perusahaan kecil menengah dan berbagai negara di Eropa dan Amerika memilih menggunakannya sebagai pengganti batubara. Bagi Anda yang masih asing dengan bahan bakar ini, maka coba simak ulasan ringkas berikut!

Wood pellet
Bahan Bakar Bio Energy Wood Pellet
Kehadiran bahan bakar pellet kayu merupakan hasil dari ketidakstabilan harga batubara. Hingga kemudian manusia mulai melakukan inovasi untuk mengkreasikan sebuah bahan bakar untuk menggantikan posisi batubara yang memang memiliki banyak kekurangan. Salah satu hasil inovasi yang terbukti berhasil ialah energi pellet kayu atau wood pellet. Produk bahan bakar dari sumber hayati ini terbuat dari kayu keras atau limbah kayu yang diolah menjadi serbuk berukuran 1 hingga 3 cm dengan diameter 6 hingga 10 meter.
Dalam setiap butir serbuk wood pellet memiliki bentuk silinder dengan kepadatan 650 kg per m3 atau 1.5 m3 per ton. Bahan bakar ini memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi serta bisa digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan perusahaan, industri hingga rumah tangga kini semakin lancar menggunakan energi pellet kayu. Di Indonesia sendiri, penggunaan wood pellet ( energy) biasanya sebagai satu paket kompor. Sedangkan di luar negeri, banyak rumah tangga yang memilih produk wood pellet sebagai bahan bakar penghangat ruangan. Biasanya, negara-negara dengan 4 musim selalu menyediakannya di rumah.
Produksi Wood Pellet di Indonesia
Perlu diketahui, saat ini ada banyak negara-negara yang memproduksi wood pellet, hanya saja bahan pembuatannya masih cukup rendah dibandingkan pertumbuhan bahan pembuatan wood pellet di negara tropis seperti Indonesia. Banyak negara besar seperti Korea, Jepang, Tiongkok dan berbagai negara di Benua Eropa memerlukan stok wood pellet mencapai ratusan ribu ton setiap tahun. Dengan keterbatasan pertumbuhan bahan baku, negara-negara tersebut mulai beralih mencari produsen wood pellet terbaik dari tempat lain.
Kabar baiknya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan produsen wood pellet yang cukup baik. Ada banyak produsen wood pellet yang menunjukkan kualitasnya dengan menghasilkan wood pellet berkualitas sesuai kebutuhan konsumen dunia. Salah satu produsen terbaik yang bisa diandalkan ialah Tradeofindonesia, yaitu produsen pellet kayu yang berasal dari Indonesia. Produsen ini menawarkan ragam variasi bahan baku kayu pembuatan pellet kayu, dan semuanya terbukti berkualitas tinggi. Sebut saja bahan kayu jati, kayu karet, kayu mahoni hingga kalianda. Tunggu apalagi? Diskusikan kebutuhan wood pellet ( energy) Anda secepatnya!

General

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *